Sabtu, 06 Agustus 2011

Malaysia Rambah Pabrik Gula Banyuwangi

Rabu, 19 Januari 2011 21:23:04 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan

Banyuwangi (beritajatim.com) - Sebuah perusahaan multinasional dari Malaysia akan mendirikan sebuah pabrik gula di Banyuwangi. Nilai investasi Rp 1,2 triliun.

Hal ini dikemukakan Bupati Abdullah Azwar Anas, saat meresmikan kegiatan pengolahan tepung dan abon ikan masyarakat nelayan, di Kelurahan Bulusan Kecamatan Kalipuro, Rabu (19/1/2011).

"Kemarin sudah turun ke Banyuwangi. Rupanya iklim kondusif ini direspons oleh beberapa perusahaan multinasional. Nanti kalau jadi bisa menyerap 10 ribu tenaga kerja," kata Anas.

Anas merahasiakan lokasi pabrik gula tersebut. Ia khawatir, jika lokasi sudah diberitahukan terlalu dini, justru akan membuat investor mundur karena permainan harga tanah oleh makelar. "Soal lokasi saya sudah sepakat dengan yang punya kebun itu nomor sekian. Kalau kejebak makelar tanah, tidak jadi, tambah repot," katanya.

Yang terang, Anas menginginkan tebu yang diolah di pabrik itu bisa mencapai rendemen tujuh persen. Ia percaya dengan rendemen sekian, rakyat Banyuwangi akan makmur. Soal infrastruktur dasar seperti listrik, Pemkab Banyuwangi sudah siap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar